Sabtu, 21 November 2009

pengalaman saya dalam berorganisasi

Organisasi yang pernah saya ikuti pertama kali adalah pada saat saya SMA yaitu ekstrakulikuler KIR. Organisasi yang berhubungan dengan pelajaran kimia tersebut saya ikuti pada saat saya masih duduk di kelas satu SMA, karena saya ingin masuk ke jurusan IPA pada kelas dua, maka saya bermaksud untuk mempersiapkan pelajaran yang dapat membantu saya dan memudahkan untuk masuk ke jurusan tersebut. 

Pada saat kenaikan kelas dua, alhamdullillah akhirnya saya bisa masuk jurusan IPA. Sebenarnya saya lebih suka pelajaran biologi, tapi saya juga harus menguasai pelajaran-pelajaran lainnya yang juga penting.

Pada saat saya mengikuti ekstrakulikuler tersebut, saya di ajari oleh kaka kelas yang sudah berpengalaman dalam hal mencampur-campur zat dan juga percobaan-percobaan yang sering dilakukan di sekolah. Saya merasa paling bodoh, karena ini baru pertama kalinya saya tahu bahwa zat-zat yang dicampur dapat menghasilkan zat baru dan juga dapat berbahaya jika kita tidak tahu bagaimana mempergunakannya. 

Dalam organisasi ini saya merasa terbantu karena selain saya mendapatkan materi pelajaran di kelas saya juga mendapatkan tambahan ilmu dari kegiatan ini. Juga pengalaman saya yang suka salah mencampurkan zat, untung saja tidak terlalu berbahaya, dan tentu saja tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi saya selalu belajar dari kesalahan, karena itu yang membuat saya lebih baik dan berbuat lebih teliti dan hati-hati dari sebelumnya.

Meskipun terlihat suatu kegiatan yang membutuhkan pemikiran dan ketelitian, tapi dalam kegiatan ini saya merasa nyaman. Karena kami bisa saling bertukar pikiran dan saling menghargai jika ada perbedaan pendapat. Saya juga bisa bertanya tentang tugas-tugas di kelas pada saat saya merasa kesulitan. Kami saling membantu dalam melakukan percobaan-percobaan dan bekerja sama dengan baik. 

Selain mendapatkan tambahan pelajaran dan materi, saya juga mengenal teman-teman yang tidak satu kelas dengan saya. Jadi saya bisa mendapatkan dan mengenal teman lebih banyak daripada sebelumnya. Mengajarkan saya tentang menghargai sesuatu, terutama perbedaan pendapat yang sering terjadi juga komunikasi yang baik harus saling terjaga di antara kami. Kekompakkan adalah salah satu hal yang penting dalam suatu organisasi.

Pada saat saya lulus sekolah, saya alhamdullillah melanjutkan ke perguruan tinggi pada salah satu di Bekasi yaitu UNIVERSITAS GUNADARMA. Saya memilih untuk masuk ke jurusan Sistem Informasi, karena saya ingin mendalami pengetahuan saya tentang teknologi informasi yang tentunya sudah sangat berkembang pada saat ini.

Saya mengikuti suatu kegiatan kampus yang bernama GXRG. Kegiatan ini terdapat 4 pilihan dalam pembelajarannya, antara lain ada programming, sistem operasi, networking dan web. Saya memilih programming karena saya ingin lebih mendalami program-program yang saya dapatkan di dalam kelas dan juga praktikum-praktikum yang harus saya ikuti. 

Dalam kegiatan ini saya di ajarkan oleh kaka kelas yang sudah ahli dalam membuat program-program. Pada saat berkumpul untuk mengerjakan suatu bahasa pemprograman, dijelaskan terlebih dahulu fungsi dan juga konsep dasar yang sudah tentu harus terdapat dalam menjalankan program tersebut. Kami saling sharing dan bertukar ilmu. Misalnya saja ada teman saya yang sudah dapat membuat program tentu ia akan memberi tahu kami dan berusaha untuk mengembangkannya agar lebih baik dari sebelumnya.

Jadi menurut saya mengikuti suatu organisasi dapat menambah sesuatu hal yang belum tentu kita dapatkan pada saat kita berada di dalam kelas. Juga dapat membentuk suatu pribadi yang bisa lebih menghargai pendapat orang lain. Suatu organisasi juga membutuhkan suatu kepercayaan dan rasa nyaman satu antar yang lain. Organisasi tidak akan dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya kerja sama diantara para anggota. Di dalam organisasi tentu membutuhkan suatu pemimpin yang dapat di percaya dan bisa mengambil keputusan berdasarkan hasil musyawarah para anggota.  






0 komentar:


Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by ArchitecturesDesign.Com Beautiful Architecture Homes