Minggu, 14 November 2010

Perbaikan kalimat

1. Razia preman dan penjahat jalanan yang dilakukan Polres Jakarta Pusat, tidak langsung membuat wilayah Jakarta Pusat aman. Penjahat ternyata masih banyak bergentayangan mengincar korbannya.

2. Kepada petugas, ia menceritakan baru mengetahui HP miliknya hilang setelah ada orang yang memberitahunya. “Saya yakin, orang yang ngasih tahu itu sekongkol sama copet,” terangnya.

3. Petugas menyisir enam lokasi seperti di Jembatan Tiga, Depan Mal Emprium, Pluit, Pasar Ikan dan Muara Baru.

4. Dari keenam lokasi tersebut sebanyak 13 preman berhasil dijaring. Mereka diamankan lantaran dipergoki tengah melakukan tindak kejahatan seperti pemerasan dan penodongan.

5. Tiga pemuda tampan digelandang ke kantor polisi setelah ketahuan mencopet dompet milik wanita penumpang mikrolet di Cipinang Muara, Jakarta Timur, Jumat siang (29/10).

6. Nasib nenek Hasnah Kadam sungguh memilukann. Sudah dinyatakan dapat berangkat ibadah haji, tapi akhirnya telantar di Bandara Sokarno Hatta (Soetta). “Saya malu dengan keluarga dan tetangga, “ ucap wanita berusia 69 tahun itu sambil menangis.

7. Ditemui di rumahnya di bilangan Ulujami, nenek 13 cucu ini masih saja menangis meratapi nasibnya. “Sudah lama ingin naik haji, kumpulin duit dari sedikit, tapi sekarang saya jadi kecewa. Mengapa ini harus terjadi pada diri saya,” ucapnya terisak.

8. Nenak pedagang sayur ini memang baru saja dijemput keluarganya dari Bandara Soetta. Masih mengenakan pakian haji dan jas hijau berlambang Indonesia serta atributnya, nenek kelahiran 20 November 1941 memperlihatkan dokumen haji, paspor, visa dll.


Bergentayangan : berkeliaran

Mengincar : bidik

sekongkol : orang yg turut serta berkomplot melakukan kejahatan

menyisir : alat untuk merapikan atau mengatur rambut

pemerasan : memijit (menekan dsb) supaya keluar airnya

penodongan : mengarahkan senjata (pistol dsb) sbg ancaman untuk merampok, merampas, dsb

lantaran : menyebabkan (pertikaian, kerugian, dsb)

digelandang : menyeret orang (dengan paksa)

memilukann : angat sedih, terharu

telantar : terhantar; terletak tidak terpelihara

meratapi : menangis disertai ucapan yg menyedihkan

kumpulin : mengumpulkan

duit : uang

berlambang : sesuatu spt tanda (lukisan, lencana, dsb) yg menyatakan suatu hal atau mengandung maksud tertentu;

0 komentar:


Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by ArchitecturesDesign.Com Beautiful Architecture Homes